Kiat Membaca Cepat

kartun-pria-membaca-bukuDi zaman yang serba canggih ini, kita sering melakukan aktivitas yang berhubungan dengan membaca. Contohnya adalah membaca koran untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di Indonesia atau dunia. Bisa juga membaca email yang tak terhitung jumlahnya dari rekan-rekan atau membaca buku, laporan, proposal, majalah, dan surat-surat yang membentuk hari-hari kita.

Membaca merupakan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan yang paling sering kita gunakan, betul khan? Membaca juga adalah sebuah keterampilan di mana kebanyakan dari kita melakukannya sejak kita menginjak usia 12 tahun atau sekitar usia SMP.

Tanpa kita sadari, aktivitas membaca sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, maka membaca menjadi keterampilan yang mutlak harus kita miliki dan tingkatkan. Mengapa demikian? Karena menjadi pembaca yang lebih baik berarti semakin cepat dan efisien dalam membaca, tanpa mengurangi intisari dari apa yang kita baca.

Coba kita awali dari bagaimana mata memahami bentuk huruf, dan kemudian menempatkan huruf-huruf tersebut bersama untuk membentuk sebuah kalimat yang dapat dimengerti. Percayalah bahwa masing-masing mata kita mengunci ke huruf yang berbeda pada saat yang sama, biasanya dua karakter terpisah. Dan otak kemudian memadukan huruf-huruf tersebut bersama-sama untuk membentuk suatu kata. Hal ini terjadi hampir seketika.

Membaca pada sebagian orang menghabiskan rata-rata 250 kata per menit. Ini berarti menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku atau dokumen.

Kita butuh membaca cepat. Karena membaca cepat adalah keterampilan yang berguna dan berharga. Hal yang sering menghambat dalam membaca cepat adalah ketika kita mengatakan kata-kata di kepala saat kita sedang membaca. Selain itu, membaca menjadi lama ketika berkonsentrasi pada kata-kata yang terpisah, sehingga kehilangan konsep keseluruhan dari apa yang dimaksud.

Berlatihlah memperluas jumlah kata yang dapat kita baca pada suatu waktu. Kita juga dapat menemukan bahwa kita dapat meningkatkan jumlah kata yang dapat dibaca dengan memposisikan teks sedikit lebih jauh dari mata. Semakin banyak kata-kata yang dapat kita baca di setiap blok, semakin cepat kita akan membaca!

Selain itu, sebagian besar pembaca tidak menggunakan penglihatan tepi mereka untuk melihat kata-kata di ujung setiap baris. Maka kita perlu melunakkan pandangan ketika membaca dengan merelaksasi wajah dan memperluas pandangan, sehingga akan mulai melihat blok kata-kata bukannya melihat setiap kata sebagai unit yang berbeda. Ketika ini menjadi terbiasa maka mata akan melalui halaman per halaman menjadi lebih cepat dan lebih cepat. Dan saat sudah mendekati akhir baris, biarkan penglihatan tepi mengambil alih untuk melihat set terakhir dari kata-kata. Dengan cara ini kita dapat dengan cepat turun ke baris berikutnya.

Hal terpenting dalam membaca cepat adalah membaca harus dilakukan dalam lingkungan di mana gangguan eksternal dijaga agar tetap minimum. Berkonsentrasilah terhadap apa yang sedang dibaca. Berhenti melakukan multitasking (melakukan 2 atau lebih aktivitas saat bersamaan) saat membaca, dan hilangkan setiap gangguan.

Perhatikan “gangguan internal” juga. Jika kita sedang mengingat sebuah diskusi menarik, atau jika kita bertanya-tanya apa yang akan kita lakukan nanti malam, hal ini juga akan membatasi kemampuan untuk memproses informasi.

Berikut ada beberapa tips yang akan membantu dalam menguasai keterampilan membaca cepat:

  1. Latihan – Gunakan keahlian tersebut secara teratur. Tentunya kita telah menghabiskan waktu beberapa tahun untuk belajar membaca, dan ini akan memakan waktu untuk meningkatkan kemampuan membaca.
  2. Mulai dari materi yang mudah – ketika mulai belajar membaca cepat, jangan menggunakan textbook yang menantang. Bacalah sesuatu seperti novel atau majalah, yang dapat nikmati dan pahami dalam satu kali baca.
  3. Lanjutkan ke materi yang tepat – tidak semua yang kita baca cocok untuk dibaca secara cepat. Maka cari materi yang tepat untuk dibaca dengan cepat.
  4. Gunakan pointer atau alat lain untuk membantu mendorong kecepatan membaca – ketika kita dengan cepat menarik sebuah kartu yang digunakan sebagai alat bantu ke bagian bawah halaman, atau menggerakkan jari bolak-balik, mau tidak mau akan memaksa mata dan otak untuk mengikuti.

Membaca cepat secara signifikan dapat meningkatkan efektivitas keseluruhan waktu kita, karena memungkinkan untuk bekerja lebih efisien di area lain. Selamat mencoba! (usb/dakwatuna)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s