Proposal Pembangunan Rumah Yatim

BSM_RQAA

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Sesungguhnya segala puji bagi Allah, hanya kepada-Nya kami memuji, mohon pertolongan dan ampunan-Nya. Kami berlindung kepada-Nya dari keburukan diri kami dan kesalahan perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya. Dan barang siapa disesatkan, maka tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepadaNya. Aku bersaksi bahwa tiada yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam adalah hamba dan utusan-Nya.

Anak adalah karunia-Nya yang juga merupakan aset bangsa dan harapan ummat. Maju mundurnya suatu bangsa tergantung bagaimana kualitas sumber daya manusianya dan sumber daya manusia tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya. Setia anak memiliki potensi yang luar biasa dan perlu dikembangkan terus.

Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak dasar setiap anak yang wajib dipenuhi oleh orang tuanya dan masyarakat, namun fenomena yang ada masih banyak anak-anak yang putus sekolah atau bahkan tidak dapat bersekolah disebabkan oleh salah satunya faktor ekonomi keluarga, yaitu orang tua tidak mampu menyekolahkan anaknya dan rendahnya kualitas pendidikan.

Begitupun juga anak yatim, sejumlah anak yatim yang berada di sekitar Kecamatan Cidahu, Parungkuda, Cicurug, Parakansalak, Bojonggenteng dan daerah sekitarnya juga membutuhkan tempat pendidikan yang layak agar masa depan mereka menjadi lebih jelas dan terarah. Oleh karena itu, pembangunan Rumah Bina Anak Yatim Al Barokah Madani dipandang sangat perlu untuk mengakomodasi hal tersebut.

Diriwayatkan oleh Abu Darda ra. Berkata :

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi SAW, mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya: “Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.”(HR. Thobroni, Targhib, Al Albaniy : 24).

Hadits yang lain, “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya, maka ia pasti masuk surga.”(HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targib, Al Albaniy : 2543) serta hadits lainnya menyatakan, “Aku dan orang yang memelihara anak yatim dalam surga seperti ini,” setelah itu beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk serta jari tengahnya sambil merenggangkan kedua jari tersebut.”(HR. Bukhari)

Di samping itu, dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal maka diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran dan pembinaan menjadi lancar dan kondusif adalah ruang kelas dan tempat tinggal tetap atau permanen bagi anak-anak yatim berupa asrama atau rumah yang dijadikan asrama.

Ruang kelas dan asrama sebagai tempat rombongan belajar melakukan aktivitas pembelajaran memiliki peranan yang strategis dalam rangka menciptakan suasana dan rasa belajar bagi para siswa. Keberadaannya membawa dampak yang lebih luas seperti, rasa aman, rasa memiliki, ketenangan dan hal-hal positif lainnya.

Yayasan Al Barokah yang menaungi lembaga pendidikan dasar dan pra sekolah TKIT dan SD Islam Terpadu (SDIT) Unggulan Al Barokah Madani sebagai salah satu lembaga sekolah di Kabupaten Sukabumi, juga merasakan betapa pentingnya keberadaan ruang kelas sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan proses pembelajaran. Sekolah yang baru berdiri di tahun 2012/2013 ini baru memiliki 170 siswa sampai saat ini yang sebagian siswanya adalah anak yatim dan dhuafa binaan Rumah Bina Anak Yatim yang berada dan dikelola oleh Yayasan Al Barokah Madani.

Keberadaan anak-anak yatim tersebut masih berada dibawah pengawasan wali dari anak yatim tersebut, yang sedianya mereka telah menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya anak-anak yatim tersebut kepada pihak yayasan, dalam hal hal ini Rumah Bina Anak Yatim. Hal ini disebabkan ketiadaan tempat atau sarana berupa rumah atau asrama yang peruntukkannnya adalah sebagai tempat tinggal sekaligus tempat pembelajaran dan pemberdayaan anak-anak yatim.

Bertolak dari pemikiran di atas, maka Yayasan Al Barokah Madani menganggap bahwa pembangunan sebuah asrama atau gedung permanen sebagai tempat berlindung, tempat berteduh, tempat belajar, dan tempat memperoleh pemberdayaan bagi anak-anak yatim dan sekaliguis sebagai rumah bagi mereka adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk diwujudkan. Untuk itulah kami mengajukan PROPOSAL PEMBANGUNAN RUMAH YATIM AL BAROKAH MADANI.

Yayasan Al Barokah Madani adalah yayasan yang berkhidmat dalam bidang sosial, dakwah dan pendidikan Islam, serta pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang terbentuk sebagai sarana untuk mengelola dan mengembangkan pendidikan Islam(pesantren), dakwah dan kajian Islam yang berdasarkan Al Qur’an dan Assunnah dengan pemahaman Salaful Ummah (Ahlu Sunnah Wal Jamaanh), bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan dan pemberdayaan ekonomi mandiri khususnya melahirkan generasi yang memiliki motivasi wirausaha, mandiri, dan jiwa entrepreneur di Kabupaten Sukabumi.

Yayasan Al Barokah Madani mempunyai kegiatan aktivitas yang secara berkesinambungan bergerak dalam bidang Pondok Pesantren Alam (PPA) Al Barokah Madani, Taman Kanak Islam Terpadu(TKIT) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu(SDIT), Majelis Ta’lim, Rumah Bina Anak Yatim, Rumah ZISWAF(Zakat, Indaq, Shodaqah, dan Wakaf), Baitul Maal wa Tamwil, dan kegiatan lainnya yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Saat ini Yayasan Al Barokah Madani menerima tanah waqaf yang berlokasi di Kp. Bojongpari RT 02 RW 03 Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi yang diamanahkan dan dikhidmadkan untuk dibangun Komplek Pondok Pesantren Alam (PPA), lembaga pendidikan formal seperti Play Group, TKIT Unggulan, SDIT Unggulan, SMPIT Unggulan(boarding school/PPA, SMK/SMIT Unggulan(boarding school/PPA), dan Majelis Ta’lim, Islamic Centre, BMT, Grosir, Koperasi, Poliklinik, serta Rumah Bina Anak Yatim yang bernama Al Barokah Madani yang diharapkan untuk menjadi pusat dakwah dan kajian Islam di wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.

  1. Visi dan Misi

Adapun visi Yayasan Al Barokah Madani adalah membina dan melahirkan generasi muda, khususnya anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan anak-anak putus sekolah untuk hafal al qur’an(hafizh), memiliki ahlak Islami, kecerdasan, kemampuan, keterampilan, pemahaman agama Islam, dan semangat wirausaha(entrepreneur) yang mumpuni sesuai bakat yang dimilikinya sehingga mampu mandiri dan menjadi teladan bagi lingkungan dimana mereka berada.

Sedangkan misi dakwah yayasan antara lain :

  1. Menjadikan Yayasan Al Barokah Madani sebagai sarana dan media sekaligus tempat beribadah dan menuntut ilmu bagi setiap muslim, khususnya anak-anak yatim, dhuafa, dan putus sekolah;
  2. Menjadikan Yayasan Al Barokah Madani sebagai Pusat Pendidikan Islam dan Pusat Pelatihan Keterampilan yang dibutuhkan, terutama di bidang agrobisinis(pertanian, perikanan, peternakkan, perkebunan), dan perdagangan berbasis kewirausahaan(entrepreneurship);
  3. Melahirkan generasi rabbani yang berakhlak islami dan memiliki kecerdasan, kemampuan, dan keterampilan yang mumpuni sesuai bakat yang dimilikinya berbasis kewirausahaan;
  4. Mendidik dan melahirkan calon-calon pemimpin dan da’i yang handal;
  5. Melahirkan generasi muda penghafal al qur’an(hafizh dan hafizhah);
  6. Menjadi institusi , wadah, media yang mampu menjembatani dan memberdayakan berbagai institusi/lembaga dan bersinergi dengan berbagai seluruh elemen masyrakat;
  7. Menjadi institusi pelopor dalam pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dan pesantren;
  8. Menjadikan institusi sebagai Islamic Centre.
  1. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari proposal ini tidak lain adalah:

  1. Menampung, membina, dan memberdayakan anak yatim sebagai bagian dari kita yang seharusnya memperoleh penghidupan yang layak dan baik seperti anak-anak lainnya, bahkan ditargetkan mempunyai keterampilan yang pantas dibanggakan yang tidak dimiliki oleh anak-anak lainnya.
  2. Memberlikan perlindungan dan pemberdayaan di suatu tempat tinggal yang layak huni, bersih, dan memberi kesan suatu tempat yang ideal untuk belajar dan menuntut ilmu serta hidup layak sebagaimana mestinya.
  3. Memenuhi kebutuhan sarana yang masih kurang berdasarkan standar yang ada, salah satunya adalah pembangunan asrama atau gedung untuk memenuhi kebutuhan akan ruang sebagai temapt tinggal dan belajar yang berjenjang dan berkelanjutan.
  4. Memfasilitasi para siswa dengan fasilitas ruang kelas yang sesuai standar yang menjadi faktor keberhasilan proses belajar mengajar.
  5. Secara bertahap melengkapi masterplan pengembangan Yayasan Al Barokah Madani sejalan dengan program pengembangan Lembaga Pendidikan Formal, seperti TKIT, SDIT, SMPIT, dan SMAIT/SMKIT serta Pondok Pesantren Alam Al Barokah Madani dan Rumah Bina Anak Yatim yang terintegrasi dengan konsep alam.

 Selain itu untuk jangka panjangnya Yayasan Al Barokah Madani tersebut diharapkan dapat menjadi sarana untuk :

  1. Membina generasi penerus Islam agar hidup di bawah bimbingan syari’ah Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman salafus shalih (Ahlu Sunnah Wal Jamaah).
  2. Menyelenggarakan kajian-kajian Islam.
  3. Menyelenggarakan program penyebaran dakwah dan kajian Ilmiah melalui media massa dan media lainnya.
  4. Membuat model penyelenggaraan ekonomi syariah.
  5. Menjalankan fungsi amaliah sosial dan kemanusian lainnya.

Dengan moto dan sifat Yayasan Al Barokah Madani, yaitu Islami, Kreatif, Edukatif, Cerdas, Inovatif, Mandiri, dan Peduli Lingkungan, maka Yayasan Al Barokah Madani berkewajiban untuk menghasilkan output sumber daya manusia yang handal dimana setelah menempuh pendidikan di Lembaga Pendidikan Al Barokah Madani, maka setiap alumni memiliki kemampuan :

  1. Hafizh Al Qur’an
  2. Beraqidah yang kokoh
  3. Beribadah yang benar
  4. Berakhlak mulia
  5. Memiliki jiwa wirausaha(entrepreneur), mandiri, dan maju
  6. Memiliki kecerdasan, keterampilan, keahlian yang mumpuni di bidang abrobisnis dan perdagangan berbasis kewirausahaan(entrepreneurship)
  7. Cinta ilmu dan berwawasan luas
  8. Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu mengemban tugas sebagai seorang da’i.
  9. Peduli lingkungan alam sekitar dengan melestarikan lingkungan yang bersih, asri, hijau, aman, dan tentram.

 BAB II

PROGRAM PEMBANGUNAN

 

  1. Tahap Awal Pembangunan

Pada awal TA 2013/2014 Yayasan Al Barokah Madani telah meluncurkan program lembaga pendidikan pra sekolah dan sekolah dasar, antara lain dibukanya Taman Kanak Islam Terpadu(TKIT) Unggulan Al Barokah Madani dan Sekolah Dasar Islam Terpadu(SDIT) Unggulan Al Barokah Madani.

Lembaga pendidikan(TKIT dan SDIT) ini menyematkan kata unggulan dikarenakan untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan lebih baik daripada sekolah-sekolah yang sudah ada. Dalam artian, TKIT dan SDIT Unggulan Al Barokah Madani memberikan keunggulan di samping mengangkat nilai-nilai relijius keislaman(Islam Terpadu), adanya kelas bebas biaya untuk siswa yatim dan dhuafa, juga unggul dalam bidang :

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Jepang
  • Komputer
  • Sempoa dan jarimatika
  • Memanah
  • Berenang
  • Kaligrafi
  • Rebana dan Marawis
  • Angklung
  • Kewirausahaan
  • Gardening & Farming (berkebun dan bercocok tanam)
  • Musik
  • Teater
  • Bela Diri
  • Science Club
  • Tahfidz/hafalan al qur’an
  • Marching Band/Drum Band
  • Seni Lukis, Menggambar, dan Manga (kartun jepang)
  • Program Awal Tahun, 1 anak 1 pohon.

Pendaftaran Tahun Ajaran 2013/2014 sebagai langkah awal operasional telah dibuka untuk siswa dan siswi baru, dengan komposisi sekolah dasar : 1(satu) lokal untuk kelas 1(satu) terdiri dari 21(dua puluh satu) siswa, 1(satu) lokal untuk kelas 2(dua) atau pindahan, yang terdiri dari 11(sebelas) siswa. Sedangkan untuk taman kanak-kanak terdiri dari 19(sembilan belas) siswa yang terbagi dalam 2(dua) kelas. Sehingga jumlah siswa baru yang dapat ditampung di Tahun Ajaran 2013/2014 adalah sebanyak 51(lima puluh satu) siswa sebagian siswa siswinya adalah anak-anak yatim yang seluruh pembiayaan sekolahnya adalah dibebaskan dan kebutuhan sekolahnya dipenuhi.

Untuk program pengembangan pendidikan dan pembinaan, selanjutnya adalah menampung anak-anak yatim dalam satu rumah berupa rumah bina anak yatim sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran, pembinaan, dan pemberdayaan serta pengawasan agar sesuai dengan visi dan misi serta tujuan Yayasan Al Barokah Madani.

Jumlah anak yatim yang selama ini menjadi binaan Yayasan Al Barokah Madani dan sebagian siswanya sudah dapat bersekolah di Yayasan Al Barokah Madani adalah sebanyak 81 orang dengan rentang usia pra sekolah dan sekolah dasar. Mereka mendapatkan secara rutin mendapatkan bantuan dan binaan melalui Yayasan Al Barokah Madani yang sumber dananya berasal dari pengurus Yayasan Al Barokah Madani dan para donatur.

Harapan kami, selaku pengurus Yayasan Al Barokah Madani yang diberi amanah dalam pembinaan anak yatim tersebut, memiliki keinginan untuk menampung anak-anak yatim tersebut pada sebuah tempat berupa asrama atau gedung yang didalamnya proses pembinaan dan pembelajaran serta pemberdayaan dan pengawasan mereka sepenuhnya dapat berlangsung dengan baik, yaitu di Rumah Bina Anak Yatim Al Barokah Madani.

Asrama atau Rumah Bina Anak Yatim Al Barokah Madani direncanakan didirikan di atas tanah seluas 432 m2(meter persegi) yang terdiri dari 2 lantai yang masing-masing lantai terdiri dari 6 ruangan tempat tidur yang setiap ruang tempat tidur dapat menampung lebih kurang 10 sampai dengan 15 orang anak usia sekolah dasar, area tempat wudhu, 6 buah jamban atau toilet sekaligus tempat mandi, dan area paviliun tempat belajar bersama disamping belajar di sekolah.

Dalam proposal ini, pembangunan asrama atau rumah bina tersebut yang diajukan dan sangat mendesak untuk segera dipenuhi kebutuhannya dikarenakan diperlukan untuk menampung dan membinan secara langsung dan intensif anak-anak yatim binaan Yayasan Al Barokah Madani.

  1. Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan pembangunan diharapkan dapat dimulai dalam waktu secepat mungkin disesuaikan dengan dana bantuan yang terkumpul dan akan dilanjutkan terus menerus secara simultan, sehingga setiap kebutuhan akan lokal rumah bina anak yatim dan ruangannya telah terpenuhi. Namun demikian, waktu pelaksanaan pembangunan dan pengembangan sarana prasarana Yayasan Al Barokah Madani akan disesuaikan dengan dana pembangunan yang tersedia.

  1. Anggaran Proyek Pembangunan

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tahap awal gedung asrama atau Rumah Yatim Al Barokah Madani adalah sebesar Rp 750.000.000,00(Tujuh ratus lima puluh juta rupiah) dengan rincian seperti yang tercantum dalam lampiran Rencana Penggunaan Belanja Hibah(RPBH) Pembangunan Rumah Yatim Al Barokah Madani.

  1. Gambaran Rencana Pembangunan

Rencana pembangunan asrama atau Rumah Yatim Al Barokah Madani akan dimulai pada bulan setelah terjadinya pencairan dana bantuan hibah dengan bangunan 2 lantai seluas 432 m2 yang terdiri setiap lantainya terdiri dari 6 ruang/kamar tidur, ruang area tempat wudhu, 6 ruang jamban atau toilet sekaligus berfungsi sebagai kamar mandi, area paviliun, dan area/koridor tempat belajar dan bermain serta istirahat. Artinya total ruang atau kamar tidur adalah 12 buah, jamban atau toilet 12 buah, area wudhu sebanyak 2 buah yang terdiri dari 24 kran, 2 area paviliun atau teras serba guna, dan 2 buah area atau koridor multiguna.

  1. Lokasi Pembangunan

Pembangunan Rumah Yatim Al Barokah Madani ini terletak di Komplek Yayasan Al Barokah Madani di Jalan Raya Cidahu Km. 4,5 Kampung Bojongpari RT 02 RW 03 Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

  1. Susunan Pengurus, Kepanitian Pembangunan, dan Aspek Legal

Adapun Susunan Kepengurusan Yayasan Al Barokah Madani sekaligus sebagai Kepanitiaan Pembangunan Rumah Yatim Al Barokah Madani adalah sebagai berikut :

  • Dewan Pembina : Sumarlik MQ.
  • Dewan Pengawas : Aan Ajijah
  • Ketua : Dadi Kuswara, M.Si.
  • Sekretaris : Zaimary Fitriyani, A.Md.
  • Bendahara : Annisa Rachimullah
  • Bidang Pembangunan : Dede Suhaedi, S.Pd.
  • Bidang Keamanan : Ado, Acep, Syarif

Sedangkan aspek legal Yayasan Al Barokah Madani meliputi :

  • NPWP : 31.482.223.0-405.000
  • Akte Pendirian/Notaris : Nomor 1 tanggal 02 Maret 2012, Hertina Rositawati, M.Kn.
  • Akte Kemenhumham RI : Nomor AHU-3034.AH.01.04.Tahun 2012 tanggal 23 Mei 2012
  • AD/RT Yayasan : Tanggal 02 Maret 2012
  • Surat Keputusan Lembaga Kegiatan Sosial dari Kantor Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat
  1. Kontak Kami dan Rekening Bank

Sehubungan dengan Proposal Pembangunan Rumah Yatim Al Barokah Madani ini terletak di Komplek Yayasan Al Barokah Madani di Jalan Raya Cidahu Km. 4,5 Kampung Bojongpari RT 02 RW 03 Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat serta untuk keperluan informasi lainnya, silakan menghubungi nama-nama di bawah ini :

  • Sumarlik MQ, nomor Hp : 081317784516
  • Dede Suhaedi, S.Pd., nomor Hp: 085722330067
  • Hari Suryono, ST, nomor HP: 081563124608
  • Dadi Kuswara, M.Si., nomor Hp: 081210781728
  • Email : dadoabuhanif13@gmail.co.id

Pemberian dana sumbangan atau hibah atau bantuan berupa uang dapat ditransfer melalui rekening bank atas nama:

  1. Yayasan Al Barokah Madani Rekening Nomor : 1021202386 BRI Syariah Cibadak

BAB III

PENDANAAN

Pembiayaan pembangunan asrama atau Rumah Yatim Al Barokah Madani tahap awal dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp 1.500.000.000,00(Satu milyar lima ratus juta juta rupiah) ini sepenuhnya diharapkan pada bantuan Para Donatur Yang Dimuliakan Allah SWT.

Sebagai konsekuensi dari pendanaan tersebut kami patuh atas semua ketentuan yang berlaku yang ditentukan oleh Para Donatur Yang Dimuliakan Allah SWT.

BAB III

PENUTUP

Demikianlah Proposal Pembangunan Rumah Yatim Barokah Madani ini kami sampaikan agar kiranya mendapat perhatian dan tanggapan yang positif dari Para Donatur Yang Dimuliakan Allah SWT.

Dan akhirnya hanya kepada Allah-lah kami memohon agar dimudahkan dalam segala urusan kami. Sesungguhnya hanya Dia-lah dzat yang Maha Pemberi Taufiq dan Maha Pemberi Petunjuk. Dan atas bantuan dan partisipasinya, kami mengucapkan jazakallah khairan katsiraa.

 

Sukabumi, 27 Rajab 1437 H/ 04 Mei 2016

PENGURUS

YAYASAN AL BAROKAH MADANI

(SELAKU PANITIA PEMBANGUNAN RUMAH YATIM AL BAROKAH MADANI)

Ketua,                                           Sekretaris,                                           Bendahara,

Dadi Kuswara, M.Si.                    Zaimary Fitriyani, A.Md.                     Annisa Rachimullah, SPT

DAFTAR LAMPIRAN

  1. Foto-foto Kegiatan Anak Yatim
  2. Peta Lokasi dan Tempat Pembangunan
  3. Gambar Teknik Bangunan dan Rencana Penggunaan Belanja Hibah(RPBH)
  4. Data Anak Yatim Usia PraSekolah sampai SD Binaan Al Barokah Madani
  5. Site Plan Yayasan Al Barokah Madani
  6. Anggaran Dasar Rumah Tangga Yayasan Al Barokah Madani
  7. Program dan Tujuan Yayasan Al Barokah Madani
  8. Foto copy NPWP
  9. Foto copy SK Kemenhumham RI
  10. Foto copy Keterangan Domisili
  11. Foto copy Izin Pendirian Lembaga Kegiatan Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat
  12. Daftar Anak Yatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s