Wakaf Buku dan Bahan Bacaan

BSM_RQAA

Proposal Bantuan Buku untuk Perpustakaan

dan Taman Baca Al Barokah Madani 

 

PENDAHULUAN

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahman dan rahim-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. beserta keluarga, sahabat, dan pengikut setia hingga akhir zaman tiba.

Bacalah, itulah instruksi awal yang diperintahkan Allah kepada kita. Kita senantiasa dituntut untuk membaca, baik membaca buku, kitab, ataupun setiap kejadian dan peristiwa yang ada di sekitar kita. Dengan membaca, kita akan menjadi tahu, menjadi paham, dan akhirnya memiliki Ilmu dan pengetahuan.

Ilmu adalah pelita kehidupan. Tanpa ilmu, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Tanpa ilmu kita menjadi tersesat, tanpa ilmu kita menjadi bodoh, dan tanpa ilmu kita menjadi buta dan menjadi miskin. Sekecil apa pun ilmu sangat dibutuhkan dan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita. Untuk memperoleh ilmu tersebut salah satunya adalah dengan membaca. Sehingga membaca adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh mahluk berakal yang memiliki keinginan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan.

Salah satu sumber ilmu dan sumber bacaan adalah buku, meskipun media lain seperti internet, televisi, e-book, dan media lainnya terus berkembang beragam jenis, buku tetap media bacaan yang masih sangat diperlukan dan menjadi nomor wahid untuk menjadi sumber bacaan.

Buku sebagai media pembelajaran dan sumber ilmu pengetahuan sangat diperlukan keberadaannya, namun tidak semua orang mampu untuk membelinya atas buku apa yang diperlukannya. Keterbatasan daya beli seseorang, disamping juga misi dakwah dan penyebaran ilmu pengetahuan sebagai sebuah upaya mencerdaskan bangsa, mendorong Yayasan Al Barokah Madani untuk mengembangkan sebuah perpustakaan yang berfungsi selain perpustakaan sekolah, namun juga berfungsi ganda menjadi perpustakaan, taman bacaan, dan media berbagi ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat sekitar.

Perpustakaan dan taman bacaan ini akan menjadi stimulus kebiasaan membaca, karena membaca buku merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kemampuan literasi seorang individu. Di samping itu, keahlian dan ilmu dan pengetahuan seseorang meningkat dan berwawasan luas yang pada akhirnya melek buku dan melek ilmu menjadi kebiasaan, rutinitas, dan budaya positif yang melekat pada individu dan masyarakat setempat.

LATAR BELAKANG

Berangkat dari sebuah keprihatian dari sebuah realita dimana anak-anak usia sekolah dan remaja di lingkungan sekitar Yayasan Al Barokah Madani yang cenderung kurang membaca buku karena keterbatan daya beli buku, akan tetapi minat baca mereka sangat tinggi yang dibuktikan dengan aktivitas baca mereka terhadap buku dan bacaan lain yang tersedia, meskipun terbatas dengan cara meminjam di perpustakaan yang sudah ada.

Di samping itu, pengadaan buku dan bacaan lain di perpustakaan menjadi sarana wajib yang harus ada di setiap sekolah dimana Yayasan Al Barokah Madani juga mengelola lembaga pendidikan, yang meliputi pondok pesantren alam, taman kanak-kanak dan sekolah dasar(TKIT dan SDIT). Berawal dari itu, maka kami berinisiatif untuk mengembangkan perpustakaan yang ada menjadi sebuah perpustakaan umum dan sebuah taman bacaan yang diperuntukkan untuk masyarakat sekitar yang sudah barang tentu tanpa dipungut biaya apapun.

Keberadaan perpustakaan sekolah sekaligus sebagai taman bacaan ini dibuat secara mandiri dan sekreatif mungkin dimana lokasi berada tepat berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat, sekolah, pusat keramaian, lokasi masjid besar(jamie), dan didukung lingkungan yang asri dan berhawa sejuk yang dapat merangsang kreativitas anak maupun masyarakat umum.

Secara kasat mata dimana-mana anak-anak lebih dimanjakan dan didominasi oleh game yang disuguhkan di komputer, game online, play station dan sejenisnya yang cenderung mengubah anak menjadi individual, egois, anti sosial, dan tidak kreatif.

Kegiatan membaca menjadi suatu hal yang langka dan mahal, sehingga keberadaan perpustakaan dan taman bacaan al barokah madani bisa menjembatani dan memfasilitasi minat baca yang kurang dan mengakomodasi minat baca yang sudah ada. Disamping itu perpustakaan dan taman bacaan ini memberi nuansa yang berbeda daripada perpustakaan-perpustakaan dan taman-taman bacaan yang sudah ada dimana biasanya mereka bersifat terbatas dan tertutup serta berbayar sewa.

Perpustakaan dan taman bacaan Al Barokah Madani didesain tidak hanya sekedar sebagai perpustakaan dan taman baca, juga lebih cenderung menciptakan dan menyokong kreativitas anak untuk bisa mandiri, berwawasan luas, berbagi pengetahuan dan keterampilan, dan mendukung pembelajaran membaca dan menulis di sebuah tempat yang nyaman dan kondusif.

MANFAAT

Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani merupakan tempat di mana semua orang, teruatama anak-anak yang datang merasakan kenyamanan dalam membaca buku, majalah, internet, ebook, dan sebagainya sehingga wawasan dan kreativitas serta keingintahuan mereka akan lebih berkembang dan terangsang.

Manfaat lain keberadaan Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani adalah memberikan kesempatan dan kegiatan yang menunjang dan mendukung kreativitas anak-anak dengan memfasilitasi untuk menuangkan ekspresi dan kreasi dalam bentuk kegiatan pendidikan non formal dan formal, antara lain bercerita dan lomba mewarnai serta melukis dan tempat ini diharapkan juga memberikan kesempatan bagi anak-anak di kalangan umum, khususnya kaum dhuafa untuk lebih mengenai dirinya dengan kreativitas unik mereka.

PROFIL

Perpusatakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani semula hanya koleksi buku pribadi yang diperuntukan dipinjamkan kepada anak-anak dana masyarakat sekitar Yayasan Al Barokah Madani. Sejalan dengan berkembangnya kegiatan dan aktivitas Yayasan Al Barokah Madani yang mendirikan pondok pesantren alam, lembaga pendidikan TKIT dan SDIT Unggulan, maka dirasa perlu untuk membentuk perpustakaan dan taman bacaan untuk para siswa, santri, dan anak-anak dari kalangan umum serta masyarakat lainnya.

Berdasarkan kesepakatan bersama seluruh pengurus yayasan, maka Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani resmi didirikan bulan Januari 2012 dimana ditujukan untuk dapat menampung dan mendukung semua aktivitas kreativitas anak-anak dilingkungan yayasan, para siswa dan santri dan mengurangi dampak buruk dari permainan anak dan kegiatan yang kurang mendidik dan tanpa pengawasan orang tua. Disamping itu keberadaan Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani diharapkan menjadi sebuah lembaga pembelajaran yang bersifat gratis, tanpa berbayar sewa, dan menumbuhkembangkan kreativitas anak.

LOKASI

Perpusatakaan dan Taman Baca Al Baokah Madani berada di Komplek Yayasan Al Barokah Madani dimana di lokasi ini juga terdapat lembaga pendidikan pondok pesantren alam, TKIT Unggulan dan SDIT Unggulan Al Barokah Madani yang beralamat di Jalan Raya Cidahu Km. 4,5 Kp. Bojongpari RT 02 RW 03 Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Provinsi Jawa Barat(peta terlampir).

FASILITAS

Fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani adalah sebuah ruangan penyimpanan buku yang berukuran 4.5m x 4.5m dan halaman perpustakaan dengan fasilitas bangku dan meja sebagai tempat untuk membaca dan beraktivitas lainnya. Halaman tersebut merupakan halaman terbuka, berukuran 9m x 4,5m yang berada di lantai 2 Masjid Al Hijaz yang berada di Komplek Yayasan Al Barokah Madani dengan pemandangan(view) menghadap Gunung Salak yang berhawa sejuk dan asri.

Ruang penyimpanan buku direncanakan untuk dikembangkan dengan menambah luas dan ruangan itu sendiri dengan membuat ruangan perpustakaan dan taman bacaan sendiri yang representatif di lahan yang masih ada.

Kondisi bangunan Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani adalah permanen, milik yayasan dan menyatu dengan Masjid Al Hijaz yang keberadaannya di lantai 2 dengan fasilitas, 1 buah komputer desktop, 1 buah printer, 1 buah scaner, 2 buah rak buku besar yang terdiri lebih kurang 1.500 buku, baik buku agama, politik, budaya, ekonomi, sosial, dan majalah yang terbagi dalam kategori buku anak-anak dan umum.

Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani desain sedemikian rupa sehingga pengunjung merasa nyaman berada di dalamnya dengan penataan sebagai berikut:

  1. Ruang Display Buku
  2. Ruang Baca Indoor
  3. Ruang Baca Outdoor (Ruang baca outdoor difasilitasi dengan bangku dan meja taman dengan view Gunung Salak yang berhawa sejuk).
  4. Area Bermain dan Berkreasi
  5. Kamar Mandi dan Jamban
  6. Masjid
  7. Kantin

SASARAN PENGUNJUNG

Sasaran pengunjung dari keberadaan Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani adalah anak-anak usia sekolah, para siswa dan santri, mahasiswa serta masyarakat umum lainnya dengan memberi sarana bacaan dan kegiatan aktivitas yang kreatif dan menunjang minat dan bakat mereka.

OPERASIONAL

Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani dikelola secara profesional dengan menempatkan petugas perpustakaan yang berada dalam pengawasan Yayasan Al Barokah Madani. Perpustakaan dan taman bacaan ini dibuka atau memiliki jam operasional untuk masyarakat umum adalah setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

KEGIATAN

Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani didesain untuk menyelenggarakan dan memberikan fasilitas perpustakaan dan kepustakaan sebagai kegiatan utamanya. Di samping itu juga, kegiatan lainnya adalah memfasilitasi aspirasi anak-anak dan remaja untuk bebas belajar, berekspresi, berkreasi dan mengembangkan seluruh minat dan bakatnya, misalnya melukis, mewarnai, menulis, mendongeng dan kegiatan kreatif lainnya.

Beberapa agenda kegiatan yang dirancang Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani adalah :

  1. Mari Mendongeng dan Bercerita
  2. Seminar Kewirausahaan dan Seminar Lainnya
  3. Lomba Melukis dan Mewarnai
  4. Lomba Mendongeng
  5. Lomba Pidato
  6. Cerdas Cermat
  7. Pelatihan Sempoa
  8. Pelatihan Komputer
  9. Pelatihan Lainnya
  10. Roadshow Mendongeng antar Sekolah
  11. Kegiatan Bank dan Bazar Buku
  12. Kegiatan Bakti Sosial
  13. Lomba Membuat Sinopsis dan Resume
  14. Lomba Menulis dan Mengarang Cerita
  15. Bedah Buku

PERMOHONAN BANTUAN

Terkait dengan hal tersebut di atas, kami menyadari bahwasanya sebuah perpustakaan atau taman bacaan memerlukan koleksi buku yang cukup lengkap untuk menarik minat dan membantu minat baca seseorang.

Adapun buku-buku dan bahan bacaan yang kami perlukan adalah sebagai berikut:

  1. Buku Dongeng / Cerita Legenda
  2. Buku dan Komik Edukatif Bergambar (PAUD, TK A & B, SD, SMP)
  3. Buku Pelajaran SD Sampai SMU
  4. Majalah  Islami, Komputer, Life Style, Fashion, kesehatan, Remaja & Anak (Umum)
  5. Novel
  6. Buku-buku Islami dan Umum
  7. Buku Motivator Islam & Umum
  8. Buku Biografi
  9. Fiksi Ilmiah / Sejarah / Misteri / Epik
  10. Buku Pendidikan Ibu dan Balita
  11. Buku Keterampilan dan Hobby
  12. Berbagai Kamus
  13. Buku Lainnya

MEKANISME BANTUAN

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dalam bentuk apapun, pemberian yang berarti bagi kami bukan dilihat dari bentuknya dan besar kecilnya, namun dari keiklasan yang tulus, untuk itu mekanisme bantuannya, bantuan dapat diantar langsung ke alamat kami, atau kami akan mengambil barang yang akan di sumbangkan dengan memberikan informasi/konfirmasi terlebih dahulu dengan contact person:

            Komplek Yayasan Al Barokah Madani

            Jln. Raya Cidahu Km. 4,5 Kp. Bojongpari RT 02 RW 03 Desa Pondokkaso Tengah

            Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat

PENUTUP

Demikianlah proposal ini disusun dan diajukan. Semoga usaha pengembangan minat baca dan menulis melalui media Perpustakaan dan Taman Baca Al Barokah Madani ini dapat direalisasikan dan mendapatkan dukungan  dan bantuan sepenuhnya dari berbagai pihak. Dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja samanya.

Pengurus Yayasan Al Barokah Madani

Ketua,                                      Sekretaris,                               Bendahara,

Ttd.                                          Ttd.                                          Ttd.

Dadi Kuswara                         Zaimary Fitriyani                     Sumarlik Muslimah Qowiyyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s